10 Film Korea Paling Sedih yang Menguras Air Mata

Dunia perfilman Korea memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Tak hanya drama serialnya, namun film-film karya Korea pun sukses meraih banyak penghargaan dan penggemarnya sendiri. Terutama karena Korea selalu memberikan adegan yang mampu mengaduk emosi dan perasaan penonton. Dari emosi senang, kecewa, bahagia, marah bahkan sedih hingga berlinang air mata semua ada di setiap karya mereka. Kemampuan akting aktor maupun aktrisnya juga patut diacungkan jempol. Luar biasa! Mereka berhasil menarik penonton untuk ikut merasakan yang mereka rasakan. Penasaran, apa saja film yang mengaduk emosi yang paling sedih hingga menguras air mata? Berikut ini beberapa referensinya.

1. Miracle in Cell no.7


Film yang rilis tahun 2013 ini menceritakan tentang seorang single parent, bernama Yong-Goo. Ia memiliki kondisi cacat mental dan harus mengurus putrinya bernama Ye-Seung seorang diri. Hingga suatu hari, Yong-Goo dituduh sebagai pemerkosaan dan pembunuh anak kecil, hingga akhirnya dimasukkan ke dalam pencara dengan sel no 7. Disana ia dan teman-teman selnya berusaha mencari cara supaya bisa mempertemukannya dengan putrinya tersebut karena rindu. Seiring berjalannya waktu, Ye-Seung semakin besar dan berusaha mengungkap kebenaran tentang kasus ayahnya tersebut.

2. A Moment to Remember


Film satu ini diadaptasi dari serial Jepang berjudul Pure Soul. Berkisah tentang sepasang kekasih bernama Choi Chul Soo dan Su-Jin yang di mendapatkan ujian hidup dengan penyakit alzheimer. Awalnya Su-Jin tidak menyadari penyakitnya tersebut karena tidak merasakan sakit apapun, namun hari ke hari kebiasaannya mulai berubah. Dan paling sedihnya, wanita ini bahkan melupakan nama suaminya sendiri. Su-Jin bahkan memanggil Chul Soo dengan nama mantan kekasihnya sebelum menikah. Hal itu membuat Chul Soo sedih dan mempertanyakan siapa yang dicintai istrinya ini.

3. Always (Only You)


Film ini diawali oleh seorang mantan petinju bernama Cheol Min (So Ji Sub) yang memiliki masa lalu yang gelap. Sekarang kehidupannya menjadi tukang parkir menggantikan kakek tua. Hingga suatu hari ia bertemu seorang wanita bernama Jung Hwa (Han Hyo Joo) yang mendekatinya dan duduk disampingnya sambil memberikan jeruk dan makanan. Ternyata wanita itu buta, ia mengira Cheol Min adalah kakek tua biasanya. Hingga suatu hari bos di tempat Jung Hwa bekerja hendak melecehkannya, namun Cheol Min ebrhasil menyelamatkan Jung Hwa. Mereka pun semakin dekat dan tinggal bersama. Hingga ternyata penyebab kebutaan Jung Hwa adalah dirinya. Cheol Min yang merasa berslaha ingin menebus kesalahannya untuk mengembalikan mata Jung Hwa, wanita yang ia cintai.

4. Barbie


Bukan film barbie dengan rambut pirang badan bagus. Film ini sangat bertolak belakang dan justru mengharukan. Berkisah tentang keluarga kecil di pesisir pantai Korea yang hidupnya sangat sederhana. Diperankan oleh gadis kecil luar biasa bernama Soon Young (Kim Sae Ron) yang tinggal bersama adiknya Soon Ja (Kim Ah Ron) dan ayahnya yang mengalami gangguan mental (Jo Yong Seok) serta pamannya yang jahat Mang Taek (Lee Chun Hee). Dimulai dengan kedatangan orang Amerika bersama putri tercintanya Barbie berniat untuk mengadopsi Soon Young dan dibawa ke Amerika. Mendengar kabar tersebut sang adik Soon Ja iri hati pada sang kakak karena terobsesi pada boneka barbie dan ingin tinggal disana. Ia meaksa kakaknya untuk membiarkan pamannya membawanya, dan akhirnya berhasil. Nmaun ternyata Soon Young baru memahami maksut terselubung dari adiknya yang dibawa ke Amerika. Film ini menceritakan tentang perdagangan manusia yang kerap terjadi di masyarakat dan jarang diketahui banyak orang. Kisah yang mengahrukan namun memiliki pesan yang mendalam.

5. Kim Ji Young :Born 1982


Diangkat dari novel fiksi dengan judul yang sama, film ini menceritakan tentang seornag wanita berusia 30 tahun bernama Kim Ji Young. Ia seringkali merasa berat dengan kesehariannya sebagai ibu rumah tangga, meskipun telah menikah dengan pria yang ia cintai. Ia berusaha keras untuk membesarkan anak perempuannya, bahkan hingga terpaksa meninggalkan pekerjaannya. Meski melawan ahli, ia merasa pasti bisa melewati bersama keluarga kecilnya ini. Namun,  suaminya, Dae Hyeon memperhatikan istrinya yang tampak berbeda dan telihat sangat terbebani dan lelah. Karna khawatir, Dae Heyon mendatangi psikiater dan menceritakan tentang istrinya yang berubah menjadi orang lain tersebut.

6. Tune In For Love


Film yang diperankan oleh Kim Go Eun dan Jung Hae In ini menceritakan tentang Mi Soo dan Hyung Woon yang dipertemukan di sebuah toko roti kecil pada tahun 1994, tempat Mi Soo bekerja paruh waktu. Pertemuan itu ternyata menjadi awal kisah cinta mereka. Namun mereka sempat berpisah karena suatu hal . Mereka kembali saling jatuh cinta ketika bertukar kisah di program radio saat terjadi krisis dunia pada tahun 1997. Perjuangan cinta mereka kembali disatukan saat keduanya sudah jauh lebih baik dan memiliki pekerjaan masing-masing.

7. The Brilliant Life


Film ini diadaptasi dari novel terbitan 2011 dengan judul 'My Palpitating Life'. Berkisah tentang sebuah hubungan antara Dae Soo dan Mi Ra. Mi Ra kemudian hamil di luar nikah dan mealhirkan seorang anak bernama Ah Reum. Tak disangkan, ada satu hal yang berbeda dari anaknya. Anaknya didiagnosa mengalami kelainan genetik progeria. Ini membuat Ah Reum mengalami penuaan dini dan tidak bisa memiliki umur panjang. Ah Reum teurs beranjak dewasa hingga umurnya 16 tahun namun fisiknya sudah seperti umur 80 tahun. Ah Reum kemudian menulis cerita tentang kedua orang tuanya saat jatuh cinta, dan ia berharap diberikan hadiah saat umurnya 17 tahun. Namun hal itu ternyata sirna.

8. Canola


Lagi-lagi film yang diperankan oleh Kim Go Eun, bercerita tentang kehidupan seorang nenek Gye Choon dan cucu perempuannya Hye-Ji yang tinggal bersama di pedesaan cukup lama. Namun suatu ketika mereka terpisah di tengah keramaian pasar. Selama 12 tahun mencari sang cucu, kemudian nenek bertemu seorang perempuan di kota. Ia yakin gadis itu adalah cucunya yang hilang sejak lama. Namun sayangnya, Hye Ji tak terlihat seperti orang yang dikenal Gye Choon. Ia berubah, menjadi nakal bahkan terlibat dalam kasus pencurian. Lika-liku kisah mereka dimuali dari sana. 

9. Be With You


Film ini merupakan film yang didaur ulang dari Jepang dengan judul yang sama. Mengangkat kisah sebuah keluarga yang merasa kehilangan atas kepergian sang ibu. Namun suatu hari sang anak bernama Ji Ho bertemu ibunya yang sudah meninggal dengan kondisi hilang ingatan. Kenyataan yang baik maupun buruk perlahan mulai mereka lewati satu persatu. Kilas balik kisah cinta ibunya saat SMA pun ditampilkan. Semakin membuat nostalgia.

10. Wedding Dress


Film ini berfokus pada sosok ibu bernama Ko-Woon yang diperankan oleh Song Yoo Ah dengan luar biasa. Menceritakan tentang dirinya yang didiagnosa terkena penyakit kanker dan tidak memiliki sisa waktu yang banyak. Seorang single mother yang bekerja menjadi desainer ini memiliki seorang putri bernama So Ra. Dan ia ingin mewujudkan segala keinginan putrinya, yang salah satunya adalah membuatkan gaun pernikahan untuk So Ra. Hal itu ia lakukan tanpa sepengetahuan anaknya, namun ternyata So Ra justru mengetahui diam-diam Hingga akhirnya So Ra pun melakukan hal yang sama untuk mengabulkan keinginan ibunya dan membahagiakan ibunya dengan sisa waktu yang ada. 

Nah itu dia beberapa referensi film-film Korea yang paling sedih dan sukses bikin menangis. Buat yang lagi galau, cocok banget nih nemenin kesedihan kalian. Terutama para pecinta drama korea yang bikin mewek. Wajib Ditonton! Sampai jumpa lagi ^-^

Comments

Popular posts from this blog

10 Film Thriller yang Paling Seru & Menegangkan!

5 Film Adventure Survival Terbaik, yang Wajib Ditonton

Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik