Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik

Studio Ghibli merupakan salah satu studio produksi film animasi asal Jepang. Studio ini sudah didirikan sejak tahun 1985, dan film animasi produksi Ghibli ini terkenal akan visualnya yang luar biasa dan kisahnya yang unik. Terutama karya Hayao Miyazaki yang paling terkenal. Tak hanya itu, film animasi karya studio Ghibli ini juga kaya akan pesan-pesan moral yang dapat diambil oleh seluruh kalangan. Bahkan Netflix sudah mulai melengkapi koleksi film animasi Ghibli juga loh. Jadi tunggu apalagi? Berikut ini beberapa rekomendasi film animasi Ghibli terbaik yang bisa kalian tonton sambil bersantai #dirumahaja. Eits, ada beberapa film yang bikin kalian mewek loh, jadi siapin tisu ya!

1. Spirited Away


Film ini merupakan salah satu karya terbaik Studio Ghibli karena animasi modernnya yang luar biasa detail dan sangat populer hingga saat ini. Berkisah tentang Chihiro, seorang gadis berumur 10 tahun yang akan pindah ke kota lain bersama orang tuanya. Namun, secara tidak sengaja mereka sampai di sebuah taman hiburan yang terbengkalai. Ternyata tempat itu adalah dunia para penyihir dan monster. Kedua orang tua Chihiro membuat kesalahan yang menyebabkan penghuni dunia roh disana murka. Chihiro pun harus bekerja di onsen dunia roh demi menyelamatkan orang tuanya. Kalian akan dibuat takjub melihat animasi setiap karakter dan backgorund yang berbeda serta unik dari setiap framenya. Film ini berhasil meraih beberapa penghargaan loh!

2. Ponyo


Film tahun 2006 karya Hayao Miyazaki ini mengusung tema yang unik yaitu hubungan manusia dengan alam. Berawal dari seorang anak ikan perempuan bernama Ponyo yang berhasil meloloskan diri dari keluarganya dan akhirnya bertemu dengan Sousuke, anak lelaki yang menjadi temannya dan merawatnya hingga besar bersama kakak perempuannya. Suatu hari, ada badai besar di pinggir pantai dekat rumah Sousuke, yang ternyata berasal dari ayah Ponyo yang mencarinya. Perjalanan kedua anak ini sangat seru untuk ditonton karena visulanya yang menarik dan jalan ceritanya yang sangat unik. Bikin seger mata deh.

3. Kiki's Delivery Service


Produksi tahun 1989 tidak menjadikan film ini tua. Animasi visualnya tidak kalah bagus dengan film lainnya. Bercerita tentang seorang gadis penyihir bernama Kiki yang memiliki semangat tinggi untuk hidup mandiri di kota. Sudah menjadi tradisi dalam keluarga penyihir bila seorang anak menginjak usia 13 tahun, wajib meninggalkan rumah. Dengan sapu terbang tua pemberian ibunya, ia berangkat sebulan lebih awal bersama Jiji kucing hitamnya. Kiki tiba di sebuah kota bernama Koriko. Dengan bantuan Osono, seorang pemiliki toko roti yang baik hati memberikan salah satu kamarnya untuk Kiki. Tak hanya itu, ia juga memberikan pekerjaan untuk Kiki sebagai kurir pengiriman karena keahliannya yaitu terbang. Perjalanan hidup Kiki menjadi gadis mandiri pun dimulai. Seru ^^

4. Grave of the Fireflies


Salah satu film yang paling bikin mewek karya Studio Ghibli ini rilis pada tahun 1988. Meski sudah dangat lama, namun film ini berhasil meninggalkan bekas yang cukup mendalam bagi para penonton. Berlatar perang dunia 2 berlangsung, saat Amerika menyerang Jepang. Menceritakan seorang gadis kecil bernama Setsuko dan kakak laki-lakinya Seita yang harus bertahan hidup setelah kematian ibunya yang terkena bom dan ayahnya yang hilang tanpa kabar. Film ini memberikan kesan yang cukup tragis namun nyata, dimana terlihat serangan bom dimana-mana, mayat-mayat yang berserakan, korban yang terluka parah, hingga tumpukan mayat yang dikubur dan ditumpuk secara massal seperti sampah. Kisah perjuangan Seita dan Setsuko ini sukses membuat penonton mewek dan memberikan pesan yang sangat kuat dan membekas. Siapin tisu ya, wajib banget ditonton.

5. The Wind Rises


Lagi-lagi film yang bikin mewek dengan tema yang berbeda. Menceritakan tentang Jiro yang memperjuangkan mimpinya sebagai perancang pesawat pada di era perang dunia dan kisah cintanya dengan Naoko yang setia menemani Jiro dengan sabarnya. Namun ternyata Naoko mengidap penyakit keras. Mungkin di awal-awal akan sedikit membosankan karena alurnya yang lambat dan banyak dialog di beberapa adegan. Namun, banyak hal yang bisa dipelajari dari film ini karena banyak mengusung sejarah berdirinya pesawat dan lain-lainnya. Film yang cukup emosional dan memiliki pesan menarik. 

6. When Marnie Was There


Film yang rilis tahun 2014 ini berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Anna yang hobi menggambar namun sangat pendiam , tidak memiliki teman, dan selalu menyendiri dan membenci dirinya. Ia mengidap penyakit asma, sehingga selalu menjauh dari keluarganya sendiri. Hal ini tentu membuat orangtuanya kahwatir, meski antara Anna dan orangtuanya tidak memiliki hubungan darah. Karena keadaan Anna, dokter menyarankan untuk memindahkan Anna ke tempat yang lebih tenang untuk memulihkan diri supaya cepat sembuh. Ia pun dikirim ke tempat tinggal bibi dan paman tirinya yang cukup terpencil namun sangat sejuk daerahnya. Disana, kisah Anna mulai berjalan setelah ia bertemu seorang gadis pirang dan sebuah rumah yang penuh misteri. Namun ternyata itu semua berkaitan dengan masa lalunya. 

7. Only Yesterday


Dirilis tahun 1991, karya mendiang Isao Takahata ini lebih sering menyutradarai film Ghibli yang mengangkat sisi 'human' dibandingkan 'fantasy' seperti Hayao Miyazaki. Tak kalah menariknya, film ini memang simpel namun bikin nostalgia dan relate dengan kehidupan kita. Bercerita tentang Taeko Okajima, seorang wanita karir berusia 27 tahun. Film ini memiliki alur maju mundur dimana mengisahkan masa kecil Taeko kemudian maju ketika Taeko sudah menjadi wanita dewasa. Suatu hari ia memutuskan untuk mengambil cuti selama 10 hari untuk berlibur ke Desa Yamagata dimana tempat tinggal keluarga kakak iparnya berada. Disana ia banyak menemukan keindahan dan rasa yang tidak pernah ia temukan di kota sebelumnya, bahkan ia tak mengira juga akan bertemu dengan Toshio, pemuda yang lebih muda darinya namun sangat mengayomi dan peduli padanya. 

8. Howl's Moving Castle


Lagi-lagi film fantasy karya Hayao Miyazaki yang tak kalah populernya dengan Spirited Away. Bercerita tentang seorang gadis muda bernama Sophie yang minder dan bekerja sebagai pembuat topi di salah satu toko. Suatu hari, Sophie pulang ke rumah namun ada dua orang penjaga yang menghalanginya. Saat itulah, sosok pemuda datang menyelamatkan Sophie. Ternyata, pemuda itu mmeiliki kekuatan sihir yang tak terduga. Ketika ia kembali ke tokonya, seorang penyihir jahat memberikan ia mantra sehingga menjadikan Sophie menua. Karna ia bingung, ia pun meninggalkan kota dan memulai perjalanan mencari kastil yang dimiliki seorang penyihir bernama Howl.

9. From Up on Poppy Hill


Film ini menceritakan tentang Umi dan Shun, 2 anak yang bertemu di sekolah secara tidak sengaja. Umi adalah anak seorang kapten kapal perang bernama Sawamura Yuiichiro yang telah meninggal, dan ibunya yang sedang melanjutkan studi di luar negri. Sehingga ia tinggal bersama 2 saudara kandungnya, neneknya, dan beberapa kenalannya. Sedangkan Shun adalah anak dari keluarga yang bisa dibilang cukup berkekurangan. Karena mereka berada di ekskul sekolah dan kegemaran yang sama, membuat mereka saling suka dan dekat. Namun ternyata Umi baru saja mengetahui bahwa Shun dan dirinya memiliki hubungan darah? Film yang ringan untuk ditonton dan mencerminkan jiwa muda yang pantang menyerah.

10. My Neighbor Totoro


Animasi karya Hayao Miyazaki kali ini menceritakan tentang keluarga Kasukabe Tatsuo , yang baru saja pindah ke sebuah rumah tua di pedesaan bersama kedua anak perempuannya bernama Satsuki dan Mei. Tujuan pindahan tersebut supaya mereka lebih dekat dengan rumah sakit tempat istrinya berobat. Suasana yang berbeda itu membuat kedua anak perempuannya yang ceria dan lincah untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Hingga suatu ketika, mereka menemukan pintu belakang di dekat pohon besar dirumahnya. Mereka menemukan mahkluk hitam berbulu yang berlarian, karena penasaran mereka mengejarnya dan menemukan mahkluk besar berbulu yang ia sebut Totoro. Darisitu, mereka mulai berteman baik dan berpetualang bersama. Sebuah film yang sederhana dan menghibur, sukses bikin nostalgia jaman masa muda dengan latar pedesaan yang sangat sejuk.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi film karya Studio Ghibli yang unik dan menarik. Cocok banget ditonton bareng keluarga, teman maupun sendirian. Jangan lupa siapin cemilan dan tisu ya, buat para penggemar film Ghibli mana nih film favorit kalian? tulis di kolom komentar ya! buat yang mau request film lain atau berpendapat boleh banget...

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Terima kasih^^

Comments

Popular posts from this blog

10 Film Thriller yang Paling Seru & Menegangkan!

5 Film Adventure Survival Terbaik, yang Wajib Ditonton